Ayo tengok, Pembuat Peta Amerika !


Martin Waldseemüller
Martin Waldseemüller (11 September 1470 - 16 Maret 1520), Seorang kartografer asal Jerman. Merupakan orang yang pertama menggunakan kata "Amerika" pada sebuah peta miliknya yang diberi nama  "Waldseemüller map" / "Universalis cosmographia" pada tahun 1507 sebaga bentuk penghormatan kepada penjelajah Itali, Americo Vespucci

Martin Waldseemüller bersekolah di Universitas Freiburg. Pada 25 April 1507, sebagai seorang anggota Gymnasium Vosagense di Duchy of Lorraine, dia membuat sebuah peta dunia bulat dan sebuah peta dinding dunia dengan 12 panel menggunakan informasi yang ia kumpulkan dari perjalanan Colombus dan Vespucci yang disertai sebuah buku yang berjudul "Cosmographiae Introductio" (Introduction to comsography) yang di dalamnya terdapat surat dari Americo Vespucci tentang empat pelayarannya ( Four voyages of Americo Vespucci).

Universalis Cosmographia, peta dunia Waldseemüller tahun 1507

Peta dinding hilang untuk waktu yang lama. Namun, salinannya berhasil ditemukan di Schloss Wolfegg, Jerman Selatan oleh Joseph Fischer pada tahun 1901. Peta tersebut merupakan satu-satunya salinan yang mampu bertahan, dan dibeli oleh perpustakaan kongres Amerika Serikat di bulan Mei 2003, setelah sebuah kesepakatan tercapai pada tahun 2002. Lima salinan peta globural bertahan dalam bentuk "gores". Hanya satu diantaranya terletak di Amerika saat ini, tepatnya di James Ford Bell Library University of Minnesota. Tiga eksemplar ada di Jerman (Bayerische Staatsbibliothek, LMU Munich, Stadtbibliothek Offenburg), dan satu di London.

Martin Waldseemüller meninggal 16 Maret 1520, tanpa berwasiat


Source : Wikipedia



0 komentar:

Copyright © 2013 CKrom